Posted on Leave a comment

Cinta, Tak Pilih-Pilih

Semoga kita hadir dengan Cinta

Jika cintamu tak beralasan selain ia yang kau cinta
Maka ia nyata, tak kan lenyap selamanya
Jika cintamu digerakkan oleh suatu alasan
Maka ia akan hilang bersama hilangnya alasan
(Ibnu Hazm)

Ada sepuluh cinta! Suatu saat selepas maghrib Bapak saya merinci macam-macam cinta yang harus kami miliki. “Cintai itu jika ingin bahagia”. Cinta Pekerjaan, Bapak menyebut salah satunya.

Saya menilai hal itu benar adanya. Mencintai pekerjaan akan membuat kita all out dalam bekerja, bekerja dengan hati bahagia. Bekerja dengan menghadirkan hati. Meski tidak mencintai pekerjaan, bukan berarti harus membencinya, sebagaimana dinyatakan oleh Tsuneko Nakamura tentang pekerjaan yang dijalaninya selama 70 tahun.

Pilihlah pekerjaan di bidang yang kita cintai, kalau bisa! Kalau tidak bisa, berusahalah untuk mencintainya. Demikian sebagian pepatah bijak yang saya ingat. Karena memang tidak banyak hal di dunia ini yang sesuai dengan keinginan dan pilihan kita. Sebagian besar hal yang terjadi dalam hidup kita, bukan atas pilihan kita. Kelahiran di dunia saja, kita tak bisa memilih orang tua dan nama kita. Haha

Sebagai penjual (yang bekerja di sebuah perusahaan), pun demikian. Penjual tidak bisa memilih produk yang kita jual. Produk yang diproduksi perusahaan sendiri, produk yang dibeli atau diimpor, ataupun pasar sasaran. Penjual sudah diarahkan dan sudah diberi target. Upayanya semata-mata adalah menggunakan segenap daya, upaya, dan doa, untuk tercapai target tersebut.

Pada industri pupuk misalnya. Ada Subsidi, Korporasi (B2B) dan Ritel (B2C). Tidak ada pilihan bagi pemasar dan penjualnya. Harus mencapai semua targetnya. Prioritas mungkin ada. Tapi tidak ada pilihan dan tidak ada rencana untuk tidak mencapai target.

Di era kolaborasi, tentu akan sangat elok jika seluruh unit kerja berjalan ke tujuan yang sama, saling bantu dan saling dukung dalam mencapai tujuan. Misalnya, ketika ada tim penjualan korporasi yang meminta bantuan data/informasi calon customer atau diajak bersama visit kebun customer, dengan sigap tim PSO/Ritel mendukung. Sebagaimana pernah saya lihat di wilayah Kalimantan. Tidak pilih-pilih tugas, dan siap dimanapun. Bahkan tidak jarang tim penjualan satu memberi prospect kepada tim lain, sesuai dengan segmen/target pasar. Bagi saya, kolaborasi adalah tanda cinta. Hanya kasih tak sampai yang sendirian.

Hadirnya cinta pada pekerjaan akan membuat kita memiliki energi lebih. Energi untuk memikir, energi untuk bertindak, energi untuk berkontribusi. Semoga kita hadir jam 08.30 dengan hati dan cinta. Karena kalau sudah cinta tidak bisa pilih pilih. Yen wes tresno paite kopi rasane legi…

“Bersyukurlah bahwa kita diberi dua telinga. Saya menggunakan satu untuk mendengarkan karyawan (dan mungkin pelanggan) dan telinga lainnya untuk mendengarkan manajemen. Dan di tengah-tengah ada HATI, yang akan memberikan pertimbangan yang bijaksana.” (Josef Bataona)

Pangapunten. Semoga bermanfaat.

(WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *