Posted on 2 Comments

Penjual yang Radikal

Radikal. Kata yang begitu populer beberapa hari ini. Karena sesuatu. Sebagian besar kita mungkin sudah tahu.

Tak ketinggalan. Acara talk show politik dan hukum-pun mendiskusikannya. ILC. Edisi 5 November 2019. Judulnya “Apa dan Siapa yang Radikal?”. 3 jam 17 menit 47 detik. Versi YouTube.

Saya tidak akan mengulas itu. Silakan tengok sendiri di kanal YouTube “Indonesia Lawyers Club”.

Saya ingin mendiskusikan radikal dalam dunia pemasaran. Dan penjualan.

Menunjuk ke KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Andalan saya saat diskusi “Provinsi vs Propinsi”. Makna radikal :
Ra.di.kal
1. Secara mendasar (sampai kepada hal yang prinsip) : perubahan yang radikal.
2. Amat keras menuntut perubahan(undang-undang, pemerintahan).
3. Maju dalam berfikir dan bertindak.

Di dunia pemasaran, penjualan, bisnis, dan organisasi-pun ada kegiatan dan program yang radikal. Dan harus radikal. Jika tidak radikal tidak berhasil.

Kegiatan dan program itulah TRANSFORMASI.

Transformasi bisnis dapat diartikan sebagai setiap perubahan RADIKAL dalam suatu organisasi perusahaan atau bisnis.

Demikian yang disampaikan salah satu majalah bisnis dalam edisinya tentang corporate transformation. Perubahan yang Radikal, mendasar.

Tak lepas dari itu. Penjual, salesperson, atau salesman pun harus radikal. Harus mendasar. Sampai kepada hal yang prinsip. Dalam pengetahuan penjualannya. Dalam upaya penjualannya.

Penjual-pun harus radikal. Sebagai makna yang ketiga. Maju dalam berfikir dan bertindak. Maju dalam berjualan.

Untuk maju dan radikal tadi dalam penjualan, harus mampu dan mau mendobrak kebuntuan. Karena itu saya tertarik dengan buku “Sales Breakthrough.”

Agar tidak buntu dalam berjualan. Agar bisa radikal. Maju untuk bertindak dalam penjualan.

Mari kita menjadi penjual yang radikal.

(Wiyanto Sudarsono)

2 thoughts on “Penjual yang Radikal

  1. Tendang apa yg bisa ditendang, terjang apa yg bisa diterjang, jangan kluar dari rel dalam batas kewenangan

    1. Betul Pak. Bongkar kebuntuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *